sumajaku.com

Mitra Pemerintah Penyampai Aspirasi Rakyat

example banner

Dinas pertanian Kab OKI berikan 50 alat pertanian

Dinas pertanian Kab OKI berikan 50 alat pertanian

alat alat pertanian.

OKI,Sumaja Post- Belum lama ini Dinas  Pertanian kabupaten ogan komering Ilir (OKI) berikan 50 alat tani (Alsintan) bantuan tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat  Kementerian Pertanian RI untuk kesekian kalinya. jika hanya mengandalkan sumber dana APBD agak sulit untuk jumlah yang begitu banyak, jadi para petani di OKI patut bersyukur atas dorongan pemerintah sebagai bentuk upaya peningkatan proses tanam menopang produksi pangan di Sumsel dan skala Nasional.

Sekretaris Daerah OKI, H Husin SPd MS.i dihadapan kelompok tani dari 8 kecamatan di OKI disela kegiatan penyerahan Alsintan untuk petani Rabu Siang (21/03/2018) di halaman Kantor Dinas Ketahanan Tanaman Pangan Holtikultura Kabupaten Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Sekda menuturkan bahwa wujud nyata rasa syukur tersebut harus di implementasikan dengan memelihara bantuan alat pertanian tersebut dengan baik.

“Untuk petani terutama saya himbau kepada ketua Gapoktan manfaatkanlah secara maksimal. Karena Alsintan ini sebagai aset negara untuk percepatan tanam dalam pengelolaan proses pertanian para kelompok tani yang ada di OKI,” himbaunya.

Husin menambahkan bahwa bantuan secara berkelanjutan ini juga atas perjuangan yang dirintis oleh Pemerintah Daerah yakni Bupati OKI. Dengan komunikasi yang baik bersama pemerintah pusat dalam mendorong kebutuhan para petani di Indonesia.

“Berkat komunikasi yang baik, serta alasan -alasan yang mendasar atas apa yang menjadi kebutuhan petani di Indonesia termasuk di OKI. Pemerintah Daerah terus menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat sehingga berbagai program yang mendorong kemajuan petani senantiasa terwujud secara bertahap. realisasinya nyata bahwa kabupaten OKI termasuk 2 besar tingkat provinsi sumatera selatan,bahkan diperhitungkan dalam 10 besar sebagai penopang produksi pangan skala nasional. Dan dinas KPTH pun patut di apresiasi telah meneruskan perjuangan pemerintah secara merata dan bertahap “.

Kepala Dinas KPTH Kabupaten OKI H Syarifudin SP MS.i usai kegiatan menjelaskan, sebanyak 50 unit Handtractor dan 6 Unit Tractor roda empat yang dibantu dari Kementerian Pertanian RI ini, akan membantu percepatan tanam serta perluasan cetak sawah baru di OKI. Bahkan penargetan IP 200 menuju IP 300.

“Hingga tahun 2018 saat ini luas lahan dikabupaten OKI adalah 132.000 Hektar lebih, terdiri dari tiga tipologi Lahan yakni lahan rawah pasang surut,lahan tadah hujan,dan lahan rawa lebak, dengan produksi gabah mencapai 1 juta ton lebih pertahun. alsintan ini salah satu mobilisasi pemerintah dalam memfasilitasi kebutuhan petani”. Ujar Syarifudin.

Masih kata Syarifudin bahwa para kelompok tani harus bersama merawat Alsintan tersebut,sehingga upayah percepatan tanam serta perluasan lahan dapat berjalan optimal.dan nantinya alsintan ini akan didistribusikan secara bertahap dan dibagi berdasarkan data kebutuhan kelompok tani di OKI.

“anggaplah alsintan ini punya sendiri dirawat dengan baik. sehingga untuk mendukung kegiatan pertanian petani bisa maksimal. Jangan sampai alat ini digunakan atau disimpan oleh pribadi atau ketua gapoktan saja tapi digunakan secara bersama. Petani tidak perlu mencari alat diluar karena di kawasannya sendiri sudah tersedia “. Terangnya.

Para kelompok tani dari 8 kecamatan yang hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik atas bantuan yang akan diterima. Salah satunya Kepala UPTD KPTH Kec.Tanjung Lubuk Hermansyah mengatakan, sangat menyambut baik bantuan alat pertanian dari Kementerian Pertanian RI melalui Dinas KPTH OKI.

“Bahwasanya ini menjadi jawaban bagi para petani khususnya di Kecamatan Tanjung Lubuk yang berkeingin meningkatkan proses tanam dan produksi. terimakasih terhadap pihak terkait atas dorongan dan bantuan alsintan kepada para petani. Dengan harapan optimalisasi percepatan tanam dapat memacu terget produksi beras yang semakin berkualitas, serta mendukung program pemerintah dalam menopang produksi pangan secara nasional “. Tegas nya(Arie)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan