sumajaku.com

Mitra Pemerintah Penyampai Aspirasi Rakyat

example banner

Ayo Cek Kesehatan Gratis Di Kambang Iwak Palembang

Ayo Cek Kesehatan Gratis Di Kambang Iwak Palembang
TBM Sriwijaya Fakultas Kedokteran UNSRI foto bersama usai melaksanakan kegiatan "Public Health For Fund", Minggu (12/6/2022)
Palembang, sumajaku.com – Guna untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh, kita dihimbau untuk rutin mengecek tekanan darah (Tensi ), gula darah (Glukosa Darah), kolesterol darah dan asam urat darah.
Hal ini dihimbau dan dilaksanakan oleh Tim Bantuan Medis (TBM) Sriwijaya Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (UNSRI) dengan tema “Public Health For Fund”, “Ayo cek kesehatan” yang diadakan Minggu (12/06/2022), setiap Minggu pagi mulai Pukul 06.00 WIB sampai dengan Pukul 08.45 WIB di Jalan Tasik Talang Semut Bukit Kecil depan rumah dinas Walikota, Kambang Iwak Palembang.
Disela mengecek kesehatan warga kota Palembang yang umumnya selesai berolahraga, Ketua Umum TBM Sriwijaya Fakultas Kedokteran UNSRI Kampus-Madang Jl DR Moh Ali Sekip Jaya Kec Kemuning Palembang, Abdul Harits Purnomo Nudhar melalui Koordinator Public Health For Fund TBM Sriwijaya Fakultas Kedokteran UNSRI, Muhammad Rafi Putra mengatakan, “kami melaksanakan pengecekan kesehatan warga kota Palembang khususnya sesuai petunjuk dari universitas kami dari fakultas kedokteran”, katanya.
Program pengecekan kesehatan ini telah dilaksankan sejak tahun 2016 oleh para senior kami sebelumnya, guna untuk keterampilan awal kami dalam pengecekan kesehatan dan membantu warga kota Palembang. Sebab, bila ke lap tentunya mahal, tuturnya.
Terakhir dilaksanakan akhir tahun 2020. Namun, sempat vakum sejak pandemi covid-19 dan sampai saat ini kami masih tetap menerapkan protokol kesehatan, ungkap Rafi.
Di stan kita mengecek tekanan darah (Tensi ) gratis, gula darah (Glukosa Darah) 10K, kolesterol darah 25K dan asam urat darah 10K serta pengecekan golongan darah 5K. Sebab, kita menggunakan jarum dan strip pengecekan habis pakai buang, urai Rafi.
Kita sistem sip, satu sip sekitar 16 mahasiswa yang dibagi dua, 8 mahasiswa melakukan pengecekan kesehatan di stan (tenda) dan 8 mahasiswa lagi bertugas keliling menawarkan cek kesehatan, masing-masing berdua, junior didampingi seniornya, terang Rafi.
Menurut Rafi, warga kota Palembang cukup antusias dan menyadari pentingnya mengecek kesehatan secara berkala, terbukti puluhan yang datang mengecek kesehatannya ke stan kami.
Didampingi Wakil Ketua Umum TBM Sriwijaya
Fakultas Kedokteran UNSRI, Fazlan Dinur Rahman yang keduanya angkatan tahun 2021-2022 ini mengatakan, untuk saat ini kita fokus dan eksistensi pada pengecekan kesehatan.
Bila ada pihak yang ingin bekerja sama dalam pengecekan kesehatan ini dan kegiatan bakti sosial kami siap membantu, himbau Fazlan.
Rafi berharap, kedepan kita dapat hadir di tempat lainnya selain Kambang Iwak saat ini, karena, pihak universitas kami cukup mendukung kegiatan kami ini dan kedepan kami akan didampingi oleh dokter.
Serta Rafi menghimbau, warga kota Palembang khususnya dapat menyadari pentingnya melakukan pengecekan kesehatan secara berkala sejak dini. Walau sehat, lebih baik mencegah dari pada mengobati, tutupnya. (yn).

 613 total views,  2 views today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.