sumajaku.com

Mitra Pemerintah Penyampai Aspirasi Rakyat

example banner

SMAN 3 Banyuasin I Adakan P5 dan Dies Natalis Ke-7

SMAN 3 Banyuasin I Adakan P5 dan Dies Natalis Ke-7
pemotongan nasi tumpeng secara bersama-sama.

Banyuasin, Sumaja Post- SMA Negeri 3 Banyuasin I yang terletak dijalan Belitung Desa Merah Mata Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Sumsel, hari kamis tanggal 3 agustus 2023 kemaren mengadakan kegiatan Panen Hasil Karya (P5) dan Dies Natalis Ke-7. Kegiatan ini dihadiri, Kabid SMA Diknas pendidikan Sumsel Drs Joko Edi Purwanto, Kasi SMA Dr H Parmin MM, Kepala Badan Guru Penggerak (BGP) Dra Ohorella Erma M.Ikom, Kepala BPMP Aria Ahmad Mangun Wijaya S.Psi, M.Si, Fasilisator Drs Aripin Arlan M.Si, Pengawas Binaan H Zikri S.Pd, M.Pd dan Drs Rustam Dermawan M.Si, Ketua Komite Sekolah A Kadir serta dekan FKIP Universitas Tridinanti.

Meninjau stand-stand jualan hasil karya siswa.

Pada kesempatan ini, Yusriati S.Pd, M.Pd selaku kepala sekolah SMAN 3 Banyuasin I menjelaskan, bahwa SMAN 3 Ba1 pada tahun 2022 memiliki 380 siswa dan waktu itu ada program sekolah penggerak. lalu ia mendaftar dan mengikuti test dan hasilnya dinyatakan lulus. “Saat ini jumlah siswa SMAN 3 Ba1 berjumlah 430 orang yang terdiri dari masyarakat desa merah mata, desa pulau boring dan desa sejunjung,” jelas Yusriati di hadapan para tamu undangan yang hadir.

menanyakan apa saja yang dijual para siswa penjaga stand

Ia juga menambahkan, bersama tim komite pembelajaran telah melaksanakan Penerapan Kurikulum Operational KOSP SMA Negeri 3 Banyuasin 1 mencakup: Perumusan Visi, Misidan Tujuan Sekolah, Perancangan Struktur Kurikulum, Kegiatan Intrakurikuler, Kokurikuler/ P5 dan Ekstrakurikuler, serta Penilaian Asesmen Harian Bersama, dan Asesmen Akhir Semester. Perancangan Perangkat Ajar, Modul Ajar, dan Perancangan Pembuatan Bahan Ajar berdiferensiasi. (mengadakan IHT mengundang narasumber dari BGP. Pelaksanaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang terdiri dari 3 tema, antara lain: Tema 1: Gaya Hidup Berkelanjutan, Judul: Bijak Berplastik: pengelolaan sampah plastic menjadi bahan tepat guna. Deskripsi kegiatan: Siswa mengumpulkan tutup the gelas, dan mengolahnya menjadi wadah tissue, wadah air mineral, gantungan jilbab, dll.

Jualan di stand siswa yang banyak peminatnya

Dijelaskannya pula, Tema 2: Wirausaha, Judul: Pengolahan Singkong menjadi Varian Opak. Deskripsi kegiatan: Dari penanaman sampai pane ndan pengolahan menjadi opak semuanya di lakukan siswa dan guru. Varian antara lain: varian ketumbar, pedas, pandan, kunyit. Untuk akan di tambah lagi dengan keripik vare Dan terong. “Tema 3: Kearifan local, Judul: Budidaya Ikan Lele dan Pengawetanya dengan metode Pengasapan. Deskripsi kegiatan: Siswa mempelajari dengan praktek langsung, ukuran kolam ikan lele, memilih bibit yang baik, mengatur kualitas air, serta member pakan yang baik. Jika sudah cukup umur, ikan lele tersebut dipanen, dan diawetkan dengan diasapkan selama +/- 4 jam. Pengasapan ini gunanya agar ikan lele tersebut lebih awet dan tahan lama,” terang kepsek SMAN 3 ini.

Kepsek berfoto bersama dengan para pejabat yang diundang.

Ia juga memaparkan Rencana Kegiatan P5 Tahun Ajaran 2023/2024, untuk kelas XI: Tema 4: Suara Demokrasi, Judul: Pemilihan Tim Kelas Terbersih. Deskripsi kegiatan: Siswa belajar system penerapan demokrasi pada kegiatan pemilihan kepala dusun, dan ketua osis. Kemudian siswa per kelas melakukan usaha dan gebrakan dalam menciptakan lingkungan dan kelas terbersih, selanjutnya tim kelas melakukan kampanye dalam bentuk leaflet tenta. Tema 5: Bhineka Tunggal Ika, Judul Pelestarian Budaya Kain Nusantara, Jumputan dan Batik Deskripsikegiatan: siswa mendapat pelatihan cara membuat jumputan dan batik tradisional dan modern, serta dilanjutkan dengan praktik pewarnaan kain. “Untuk pelajaran PKWU dan pembelajaran mata pelajaran, RumahAdat, 20 macam olahan beras, Jam dari Gir Motor bekas, Lilin Aroma terapi, Miniatur Roket Air, Miniature energy alternative kincir air, Miniature excavator hifrolik, Miniature penyulingan air,” terangnya lagi. kemudian ia juga mengatakan, Kerjasama dengan badan hokum HAM (bullying) Universitas muhammadiah, tridinanti, PGRI.

Berfoto bersama dengan para panitia dan dewan guru.

“ Ini dilakukan untuk memotifasi siswa agar bias melanjutkan study kejenjang lebih tinggi, karena kami memahami karakter siswa,” ujarnya. Sambungnya pula, Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), Adanya tanaman singkong, ubi rambat, terong, cabe, pare, oyong, laos, bayam. “Bersamaan dengan PANEN HASIL KARYA SISWA sebagai sekolah penggerak telah berusia 7 tahun di mana saya adalah kepala sekolah ke 2. Dan masih banyak PR yang harus kami selesaikan, dan berharap di usia yag ke 7 tahun ini SMAN 3 BA I akan lebih baik lagi baik itu SDM maupun sarana dan prasarana dengan berlandaskan pada kurikulum Merdeka,” pungkasnya..

 

 

 399 total views,  2 views today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.