sumajaku.com

Mitra Pemerintah Penyampai Aspirasi Rakyat

example banner

BPBD Muba Berhasil Evakuasi Satu Primata Siamang

BPBD Muba Berhasil Evakuasi Satu Primata Siamang
berfoto bersama disela-sela penyelamatan primata.
SUNGAI KERUH, MUBA, sumajaku.com- Berikan rasa aman pada warga, dengan sigap Pemkab Muba melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Muba telah berhasil mengevakuasi seekor Siamang di Desa Keramat Jaya Kecamatan Sungai Keruh, Kamis (20/6/2024).
“Kemarin kita mendapatkan laporan dari warga terkait dengan adanya seekor siamang yang berada di pemukiman warga. Menindaklanjuti hal ini, pihak kami bersama instansi terkait lainnya langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi hewan jenis Siamang tersebut sekitar pukul 15.30 WIB s/d selesai dan sudah kami serahkan ke BKSDA provinsi Sumsel. Dan Alhamdulillah kondisi tetap aman,”ungkap Kepala BPBD Muba H Pathi Riduan.
Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak memelihara satwa liar, berburu, mengkonsumsi, dan memperdagangkan satwa liar tanpa izin, dan apabila dijumpai hal tersebut agar segera melapor bisa melalui call center 112 ataupun petugas di wilayah terdekat.
Menanggapi hal itu, Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajaran BPBD Muba bersama instansi terkait lainnya yang sudah bergerak cepat melakukan evakuasi sehingga menghilangkan rasa cemas warga setempat.
“Alhamdulillah hewan siamang ini sudah dievakuasi oleh pihak BPBD Muba bersama instansi terkait lainnya dan sudah dititipkan ke BKSDA provinsi Sumsel. Terima kasih sudah memberikan kenyamanan pada warga dengan bergerak cepat melakukan evakuasi  ini,”ungkapnya.
Perlu diketahui juga, lanjutnya”Siamang ini adalah salah satu hewan yang dilindungi, dan bukan juga untuk dipelihara karena siamang ini juga bisa berbahaya untuk kenyamanan warga bila berkeliaran di pemukiman. Untuk itu, saya menghimbau kepada masyarakat untuk terus mendukung upaya konservasi dengan tidak memelihara atau memperdagangkan satwa liar yang dilindungi,”tandasnya.
Senada, Camat Sungai Keruh Dedi Suhendar mengucapkan terima kasih dan bersyukur hewan jenis siamang telah dievakuasi dan telah diserahkan kepada BKSDA provinsi Sumsel.
“Saya mewakili masyarakat kecamatan sungai keruh mengucapkan terima kasih atas respon cepat tim BPBD dan instansi terkait lainnya yang sudah mengevakuasi siamang ini. Dan Alhamdulillah Satwa Liar jenis siamang tersebut telah di Serahkan ke BKSDA Sumatera Selatan, Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan direktorat jenderal konservasi sumber daya dan ekosistem dengan Nomor: BA. 90/KSA/SKW 1/06/2026. Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistemnya,”pungkasnya. (rill).

 54 total views,  2 views today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.