sumajaku.com

Mitra Pemerintah Penyampai Aspirasi Rakyat

example banner

Rakor Silat Sudahan Ciptakan Petarung Handal

Rakor Silat Sudahan Ciptakan Petarung Handal
Susunan kepengurusan, yang dibacakan Ayu dalam Rakor dan kaderisasi serta pemantapan pelatih dan pengurus di kantor pusat perguruan PSS Jln Serasan Sekundang Kel 8 Ilir Kec IT III palembang, Sabtu (16/11/2019).
Palembang, sumajaku.com – Mukadimah, dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Esa (YME) dengan seizinNya, berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia 1945. Dengan ke Bhinekaan yang terpatri pada kaki burung garuda merupakan harga diri bangsa Indonesia. “Kami membulatkan tekat untuk mendirikan perguruan olahraga pencak silat, yang kami beri nama, “Silat Sudahan”.
 
Kata “Sudahan” berasal dari salah satu pusaka leluhur Dusun Semendo Darat Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Nama pusaka Sudahan bertujuan, agar kami selaku anak bangsa dapat mengangkat budaya lokal daerah Semendo Darat melalui beladiri pencak silat. Agar dapat berprestasi dan dikenal baik di Indonesia khususnya maupun internasional.
Arti “Sudahan”, sudahi, selesaikan atau diselesaikan. Makna yang tersirat, “kami berharap, Perguruan Pencak Silat Sudahan (PSS) ini, dapat mendidik jiwa yang adil, bijak, tegas dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan suatu masalah serta bertaqwa kepada Tuhan YME”.
Berikut susunan kepengurusan, Perguruan Pencak Silat Sudahan : Dewan Pembina HM Faisol HS (pendiri), Dewan Penasehat Heriyansyah (pendiri), Ketua Dian Sumarno SPd (pendiri) Sekretaris H Herwan SE (pendiri) dan Bendahara Nurlaila.
Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Sunardi, Bantuan Keamanan (Bankam) Sunarto, Robin Candra dan Firmansyah. Bidang Keorganisasian : Ifran Trismanudin. Bidang Prestasi : Ayu Oktariyani (pendiri). Bidang Dokumentasi dan Publikasi : Rian. Transfortasi : Heriyanto (pendiri) dan Iwan Exsport, Konsumsi dan Akomodasi : Ardani, urai Ayu yang dibacakannya dalam Rapat Koordinasi  (Rakor) dan kaderisasi serta pemantapan pelatih dan pengurus Pencak Silat Sudahan.
Rapat berlangsung di kantor pusat perguruan Pencak Silat Sudahan, Jalan Serasan Sekundang Kelurahan 8 Ilir Kecamatan Ilir Timur (IT) III palembang, Sabtu (16/11/2019).
Rakor dibuka H Herwan SE sekitar Pukul 19.30 WIB, dilanjutkan kata sambutan dari Dewan Pembina, Dewan Penasehat dan Ketua Perguruan Pencak Silat Sudahan.
Terlihat hadir pengurus, anggota PSS, tamu dan undangan diantaranya : Syakilla Syawalia, Wulan, Linda, Ayu, Rian, Herry, Iwan, Sunarto, Ardani, Firmansyah, Herwan, Dian, Tri Putri dan Andri Mardian.
Disela acara dan santap malam, Dewan Pembina HM Faisol HS mengatakan, selaku pembina, tentunya “kita sangat mendukung untuk kemajuan dan perkembangan Perguruan Pencak Silat Sudahan,” harapnya.
Menurutnya, Sudahan merupakan salah satu pusaka leluhur dari keturunan kami guna untuk menegakan kebenaran dan keadilan untuk kemashelatan umat.
Sudahan bertujuan agar dapat mengangkat budaya lokal daerah Semendo Darat melalui beladiri pencak silat yang tentunya didukung sarana dan prasarananya, mulai dari tempat latihan, pelatih dan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang telah terbentuk berdasarkan kesepakatan bersama, tuturnya.
Ayahanda dari Ketua PSS ini berharap, Agar berjalan dengan baik, jika berniat baik akan menghasilkan yang baik pula dan dapat berprestasi untuk kemashelatan umat.
Logo keris tegak lurus melambangkan keberanian dan kejujuran dalam bertindak. Ayah sapaan akrabnya ini berpesan, agar tidak ada yang saling menyakiti sesama, baik pengurus dan anggota PSS.
Sekretaris H Herwan SE mengatakan, AD/ART yang telah terbentuk berdasarkan kesepakatan bersama kiranya dapat dipahami. Kedepan akan diagendakan pengkaderisasian pelatih guna memaksimalkan demi kemajuan PSS. Namun, tidak keluar dari koridor agama dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tegasnya. Jadi kita sudah siap melaksanakan giat ini dan kedepan Rakor serupa akan diagendakan pertriwulan, ucapnya.
Pengalaman diorganisasi sebelumnya akan kita ambil yang baiknya saja sesuai dengan visi misi dan motto sudahan, kita selesaikan dengan baik-baik secara kekeluargaan dan mudah-mudahan dapat kita wariskan kegenerasi berikutnya, harapnya.
Dewan Penasehat Heriyansyah, menambahkan, visi PSS akan menciptakan petarung-petarung yang handal dan berahlak mulia, seperti pesilat kami Ayu Oktariyani dan Riski Wulandari yang keduanya merupakan atlit Nasional dan internasional juara satu Asia Eropa, harapnya.
Mantan pesilat Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) sejak tahun 1975, Silberatis, Himpunan Seni Silat Indonesia (HIMSSI), Perguruan Pencak Silat Satria Mandiri (PPSM) dan saat ini di Perguruan Pencak Silat Sudahan (PSS) ini mengutamakan, basic, fisik dan moral, tegasnya.(yn)

 1,949 total views,  2 views today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.