sumajaku.com

Mitra Pemerintah Penyampai Aspirasi Rakyat

example banner

Razia KKYD 75 Orang Terjaring Di 9 Kawasan

Razia KKYD 75 Orang Terjaring Di 9 Kawasan

Rangkaian apel Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan.

Palembang, sumajaku.com- Untuk memberikan rasa aman yaman dan situasi kondusif, dalam menyambut Asian Games Tahun 2018, jajaran kepolisian mengelar Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD), yang mana Apel dipimpin langsung Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain. Bertempat dihalaman Mapolresta Palembang. Jumat (27/07/2018), pukul 20.00 wib.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain. Mengatakan, KKYD yang dilaksanakan jajaran Polda Sumsel beserta jajaran TNI dalam rangka Cipta Kondisi persiapan pengamanan Asian Games Tahun 2018 di Kota Palembang untuk menjaga keamanan dari tindak pidana maupun kejahatan jalanan.

“Ini Apel kesekian kalinya ini, adalah KKYD gabungan TNI Polri, dengan sasaran kegiatan masyarakat di malam hari, khususnya tempat tempat yang akan dikunjungi atlit, official atau pun pengunjung dalam rangka Asian Games” ungkap Irjen Pol Zulkarnain.

Dijelaskan Kapolda Sumsel. Lokasi yang akan banyak dikunjungi seperti tempat hiburan, kawasan belanja seperti Pasar 16 Ilir, dan tempat tempat kuliner serta penginapan, untuk itulah digelarnya Razia KKYD. “Tujuan kita mengingatkan, dan membersihkan. Jika disitu ada premanisme, orang yang duduk duduk akan kami lakukan razia penertiban, bagi yang tidak ada KTP dan penduduk yang kedatangan yang tidak jelas. Tujuannya supaya masyarakat Sumsel betul betulenyadari ini tangung jawab kita semua memberikan suasana yang tentram dan damai kepada perhelatan Asian Games” ingatnya.

Usai Apel. Peserta yang terdiri jajaran Polda Sumsel, Polresta Palembang beserta Polsek Jajaran, dan TNI. Sebelum bergerak terlebih dahulu maka bersama, dimana Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain dan Wakapolda Brigjen Pol Bimo Anggoro Seno, Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono, Pejabat Utama Polda, Pejabat Utama TNI, menyempatkan duduk dan makan bersama di halaman Mapolresta Palembang, sebelum mengelar razia KKYD.

Akhirnya. Peserta Apel di bagi menjadi 3 tim dan zona. Tim 1 dibawa pimpinan Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Yon Edi Winara, dengan sasaran di kawasan Sukawinatan Kantor Keuangan, Cafe Valito Star dan Cafe Toba Nauli. Tim 2 dipimpin Kasat Narkoba Polresta Palembang Kompol Ahmad Akbar, dengan sasaran kawasan BKB dan Pasar 16 Ilir dan Monpera. Dan Tim 3 dipimpin Kasat Intelkam Polresta Palembang Kompol Mario Ivanry dengan sasaran kawasan 7 ulu bawah jembatan Ampera, Plaju dan Kertapati.

Dari pantauan dilapangan. Saat wartawan melakukan peliputan pada Tim 2, pimpinan Kompol Ahmad Akbar, di kawasan Pasar 16 Ilir Palembang, saat melakukan penyisiran didapatkan 8 lelaki yang sedang asik pesta miras jenis tuak.”tadi kita melakukan penyisiran di 3 lokasi, untuk yang dipasarkan 16 tadi betul ada pesta miras di situ, ada 8 orang ini kemudian kita amankan, orang yang kita amankan ini kita dalami dulu apakah sebatasenganggu ketertiban atau sebagai indikasi tindak pidana, nanti dari hasil pendalaman kita akan proses lebih lanjut” ujar Kompol Ahmad Akbar saat ditemui di lokasi penyisiran kawasan Pasar 16 Ilir Palembang.

Setelah mengelar razia KKYD dengan cara hunting selama 2 jam, Tim 1 dibawa pimpinan Kompol Yon Edi Winara, berhasil mengamankan 8 orang tanpa Identitas, 8 orang wanita di bawa umur yang bekerja sebagai LC Cafe, 4 unit R2 tanpa surat dan 2 dirigen tuak.

Tim 2, pimpinan Kompol Ahmad Akbar, berhasil mengamankan 38 orang sebagai pengamen jalanan dan Juruh parkir liar, 8 unit R2 tanpa surat dan dua dirijen tuan. Sedangkan Tim 3, pimpinan Kompol Mario Ivanry, berhasil mengamankan 3 orang penjual tuak, 2 orang membawa narkoba, dan 1 unit R2.

Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono, mengatakan jika selama Razia KKYD dimana pihaknya berhasil mengamankan, pelaku pelaku kejahatan jalanan, bahkan pemilik narkoba. “Yang kita amankan ini ada 75 orang, dari tanpa identitas, dua penguna narkoba dan miras, mereka ini diamankan dari 3 zona yang di razia di Kota Palembang, untuk pelaku diduga preman yang diamankan akan dilakukan pendataan dan pembinaan, agar tidak mengulangi lagi. Sedangkan untuk pelaku narkoba akan di proses hukum lebih lanjut dan akan kita kembangkan” ungkap Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono.

Ditambahkan Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono, menjelaskan jika Razia KKYD untuk mencegah terjadinya pelaku tindak pidana dan kejahatan jalanan atau pelaku 3C di Kota Palembang
“Tujuan razia ini sebagai upaya cipta kondisi, dimana diharapkan masyarakat Sumsel menyadari betul bahwa TNI Polri, terus menerus memberikan rasa aman, Yaman, saat pelaksanaan Asian Games 2018 nanti” ingatnya.(April).

 788 total views,  2 views today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.