sumajaku.com

Mitra Pemerintah Penyampai Aspirasi Rakyat

example banner

Lahan Tebu PTPN 7 Cintamanis di Rayon Tiga Terbakar

Lahan Tebu PTPN 7 Cintamanis di Rayon Tiga Terbakar
terlihat cahaya api yang melalap lahan tebu.

Ogan Ilir, sumajaku.com- Hektaran lahan kebun tebu di rayon tiga (3) berlokasi di Desa Seribandung milik PTPN 7 Pabrik Gula Cintamanis, terbakar tanpa diketahui asal-usul penyebabnya pada Selasa malam (21/09/2021).

Pantauan awak media di lokasi lahan tebu yang terbakar di rayon tiga (3) sekitar pukul 20.00 WIB, tampak api berkobar membakar hektaran kebun tebu yang notebene sudah siap dipanen tersebut.

“Naif, kalau sampai lahan tebu PG Cintamanis ini terbakar. Bukankah seharusnya ada penjaga kebun, lagian ini masih musim giling, sementara itu kalau api sampai merembet lebih jauh bisa saja lahan kebun karet milik warga yang tak jauh dari sana bisa terbakar juga,” kata Rian warga yang sempat dikonfirmasi.

Menurut Rian, hal ini patut jadi perhatian pihak menejemen PTPN 7 PG Cintamanis, apakah ini murni kebakaran tanpa sebab atau bagaimana?. Mengingat, saat ini tengah musim panen dan giling tebu, kalau sampai tebu yang terbakar ini sampai tak dipanen bukankah ini suatu kerugian.

“Akibat kebakaran, tentunya latu atau daun tebu yang terbakar menjadi abu bisa saja beterbangan tertiup angin hingga ke permukiman warga sekitar. Jadi, pihak menejemen jangan anggap hal ini sepeleh,” tegasnya.

Sementara itu, pihak PTPN 7 PG Cintamanis, Chandra Sulaksana selaku Sinder saat dikonfirmasi awak media Selasa malam via pesan WhatsApp menyampaikan, bahwa pihaknya telah berupaya memadamkan api dengan menggunakan traktor dan mobil pemadam kebakaran serta tenaga manual.

“Sekitar pukul 20.30 WIB tadi, saya hubungi petugas keamanan dan petugas piket di lapangan api sudah padam. Terimakasih atas infonya,” tandas Chandra. (TUM)

246 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.